Kode Mata Kuliah: PPT611 05

Deskripsi Singkat Mata Kuliah: Mata kuliah karantina yang berbasis PjBL membahas tentang Karantina tumbuhan di Indonesia (Pengertian, Sejarah, Dasar Hukum, Daerah Sebaran OPT di Indonesia), tugas dan fungsi karantina tumbuhan, Jenis OPT Karantina yang belum dan sudahdilaporkan terdapat di wilayah RI, sertifikasi kesehatan tanaman terhadap hasil pertanian yang akan diekspor, media pembawa OPT, media pembawa hama/patogen setiap jenis tanaman dalam keadaan hidup atau mati, spesies asing yang masuk ke RI (Invasive Alien Species) dan cara pengobatan (fumigasi), Analisa resiko OPT, kerjasama internasional dan kebijakan karantina pada tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

Dosen Pengampu:
  • Dr. Yulmira Yanti, SSi.MP
  • Dr. Hasmiandy Hamid, SP, MSi
  • Dr. Ir. Darnetty, MSc
  • Prof. Dr. Ir. Nurbailis, MS
  • Prof. Dr. Ir. Trizelia, MSi
  • Prof. Dr. Ir. Novri Nelly, MS
  • Dr. Jumsu Trisno, SP, MSi
  • Dr. Ir. Munzir Busniah, MSi
  • Dr. My Syahrawati, SP, MSi
  • Ir. Martinius, MS
RPS
PORTOFOLIO
PRAKTISI 

Kode Mata Kuliah: PPT622 03

Deskripsi Singkat Mata Kuliah: Mata kuliah Sistim Pertanian Terpadu adalah mata kuliah pilihan dalam pengembangan wawasan mahasiswa tingkat akhir tentang pertanian yang sustainable. Dalam mata kuliah ini memuat definisi, tujuan, prinsip-prinsip dalam melaksanakan pertanian secara terpadu yang berwawasan lingkungan dan berkesinabungan. Sehubungan dengan hal tersebut dalam mata kuliah ini memuat pengelolaan lahan secara terpadu, pengelolaan hara terpadu, pengelolaan air dan dapat mengkonservasi lahan dan air. Seiring dengan hal tersebut perlu didukung dengan pengelolaan tanaman yang baik, ternak, ikan, dan dapat mengkaji danmendesain pola usaha tani terpadu di suatu kawasan serta dapat melakukan analisis usaha taninya.

Dosen Pengampu: RPS
PORTOFOLIO

Mata Kuliah Diasuh Bersama Antar Jurusan
Kode Mata Kuliah: PTN622 01

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini mempelajari tentang pengertian sistem pertanian organik, konsep pertanian organik, dampak pertanian organik terhadap produktivitas dan siklus hara, erosi tanah dan pertanian berkelanjutan, kualitas air, mikroorganisme tanah, lingkungan dan kesehatan manusia, teknologi pertanian organik sebagai penunjang sistem pertanian berkelanjutan melalui pengurangan pemanfaatan bahan-bahan kimia pertanian, pertanian organik menjauhi high external input agriculture (HEIA) menuju low external input agriculture (LEISA).
Prasyarat: PTN611 02 Dasar-Dasar Agronomi; PTN621 02 Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman

Dosen Pengampu:

RPS
PORTOFOLIO

Mata Kuliah Diasuh Bersama Antar Jurusan
Kode Mata Kuliah: PTN611 06

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar penelitian ilmiah, bagaimana cara-cara menemukan dan merumuskan masalah untuk menyusun suatu rencana. Macam-macam penelitian ilmiah (historis, deskriptif, dan eksprimen) dan menulis laporan hasil penelitian. Format penulisan skripsi; kebahasaan dan ketentuan ilmiah khusus; metode ilmiah; penelusuran pustaka dan penulisan daftar pustaka; Penyiapan tabel dan gambar pendukung karya ilmiah; teknik melakukan seminar; Pada akhir perkuliahan mahasiswa telah mampu menyiapkan penulisan usulan penelitian dan laporan penelitian (skripsi dan penelitian lain termasuk Program Kreativitas Mahasiswa), serta makalah seminar; penyajian poster ilmiah; Penyajian lisan karya ilmiah.
Prasyarat: PTN621 05 Perancangan Percobaan

Dosen Pengampu: RPS
PORTOFOLIO

Mata Kuliah Diasuh Bersama Antar Jurusan
Kode Mata Kuliah: AGT621 04

Deskripsi Mata Kuliah: Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pemahaman pemakaian metode analisis statistika sebagai alat pengambilan kesimpulan dalam suatu percobaan. Cakupan materinya: prinsip-prinsip pokok perancangan percobaan, Rancangan Acak Lengkap (RAL), Rancangan Acak Kelompok (RAK), Rancangan Bujur Sangkar Latin (RBSL), Data hilang pada RAK dan RBSL, Pembandingan ganda, Uji kontras, Faktorial, Rancangan Petak Terbagi (RPT), Uji lanjutan pada Faktorial dan RPT serta transformasi data.
Prasyarat: AGT621 04 Statistika

Dosen Pengampu:
RPS
PORTOFOLIO